Jumat, 10 Februari 2012

♥"Membangun Semangat Hidup"♥

بسم الله الرحمن الرحيم
Assalamu’alaikum wrwb....

Sahabat saudaraku fillah..Di kala hati kita diliputi suasana gembira biasanya semangat hidup meningkat. Sehingga melakukan kegiatan apapun terasa amat menyenangkan. Namun tidak demikian jika kita mengalami berbagai masalah sehingga tak jarang semangat hidup pun ikut melemah . Lantas bagaimana agar semangat hidup yang melemah bisa bangkit kembali ?

♥ ~ Beriman Kepada Allah

Iman kepada Allah adalah sumber semangat hidup yang tak pernah padam. Orang yang beriman meyakini bahwa Allah tak akan membebani hamba-Nya melebihi kemampuan.” Kami tiada membebani seseorang melainkan menurut kesanggupannya, dan pada sisi Kami ada suatu kitab yang membicarakan kebenaran, dan mereka tidak dianiaya.” ( QS. Al- Mu’minun : 62 ). Dalam menghadapi berbagai persoalan hidup mereka berusaha mengatasinya dengan sabar dan berserah diri kepada Allah karena tak ada segala sesuatu di dunia tanpa kehendak –Nya. Bukti keimanan adalah menyerahkan urusan kepada Allah, bertawakal kepada-Nya , percaya akan janji-Nya, ridha dengan ketentuan-Nya , berprasangka baik kepada-Nya dan optimis akan datangnya pertolongan dari-Nya. Semakin kita meningkatkan keimanan kepada Allah maka kita akan memiliki dorongan semangat hidup yang lebih baik karena apapun yang kita lakukan hanyalah mencari ridha Allah semata.Kalau toh terjadi hal yang tak diinginkan dalam perjalanan hidup anggaplah itu sebagai kerikil dan penghias warna kehidupan.

♥ ~ Berusaha Berpikir Positif

Ketika kita renungkan mungkin begitu banyak hal yang tak bermanfaat yang kita pikirkan dalam kehidupan sehari-hari . Jika kita berpikir jernih, sesungguhnya pikiran yang negatif dan pikiran yang tak bermanfaat itu akan merusak diri sendiri. Karena pikiran akan sangat berpengaruh terhadap berbagai aktifitas kehidupan. Oleh karena itu berpikirlah positif bahwa di balik segala peristiwa ada hikmah terindah untuk kita.

♥ ~ Berusaha Berbicara yang Baik

Kata-kata yang baik.. kata-kata yang positif dan kata-kata yang membangkitkan semangat ibarat memberi cahaya penerang kegelapan bagi insan ketika dirundung berbagai persoalan. Hal ini akan berdampak juga terhadap diri sendiri . Jika kita senang berbicara yang baik dan positif biasanya akan disenangi banyak orang sehingga bukan mustahil semangat hidup kembali bersinar.


♥ ~ Dengarkan Kata-kata yang Baik

Jika kita sering mendengar kata yang tidak baik dan kata yang melemahkan semangat, maka kepribadian kita pun akan ikut terpengaruh, sehingga semangat kita pun akan melemah. Oleh karena itu berusahalah berteman dengan orang yang berbicara baik karena mereka akan mendorong kita untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang lebih jernih. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap sikap, emosi dan tindakan kita dalam menghadapi kehidupan.

Saudaraku..bangunlah kembali semangat hidup yang pernah padam ..kuatkan kembali langkah kita agar hidup kian bermakna.

❀ Jazzakumullahu khayran wa Barakallahu fiikum. ❀
Silahkan di Tag/Share….Semua untuk Umat dan Syiar Islam, Silahkan saling bantu Tag atau bagikan pada sahabat-sahabat yang lain, Kunjungi Blog & Page kami dan klik ''Like/Suka'' untuk Bergabung.

Page: https://www.facebook.com/pages/الهداياة-Al-Hidayah/160723347318200
Blog: http://bimbingan-umat.blogspot.com/
Blog: http://tuntunan-hati.blogspot.com/